Arus Pemudik dari Jawa Menuju Sumatera Masih Ramai

MERAK – Arus pemudik dari Jawa melalui Pelabuhan Merak, Banten menuju Sumatera masih ramai baik penumpang pejalan kaki maupun penumpang dalam kendaraan.

Direktur Utama PT Indonesia Ferry Properti Ferry Snyders dalam keterangan di Merak,Kamis, mengatakan hingga saat ini pemudik masih ramai memadati Pelabuhan Merak baik penumpang pejalan kaki dan penumpang dalam kendaraan.

Berdasarkan data Posko Merak mencatat, total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mulai dari H-7 hingga H tercatat 835.718 orang atau naik 5 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 796.123 orang.

Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 196.287 unit atau naik 11 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 176.621 unit.

Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mulai dari H-7 hingga H tercatat 313.965 orang atau naik 3 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 304.869 orang.

Untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 59.013 unit atau naik 6 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 55.795 unit,”katanya.

Sementara itu,Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengapresiasi pihak Ifpro yang berinisiatif mengadakan _gimmick_ untuk meramaikan dan menghibur pengguna jasa saat menunggu antrian menuju kapal pada periode Angkutan Lebaran 2024 khususnya di masa puncak arus mudik maupun balik.

Kegiatan ini diharaokan dapat menghibur penumpang dengan ikut berpartisipasi dalam Klakson dan Dim Challenge.

“Dukungan dari berbagai pihak tentunya sangat membantu ASDP dalam menyukseskan perhelatan Angkutan Lebaran ini. Apresiasi kepada team Ifpro yang turut menyukseskan layanan Angkutan Lebaran kepada pengguna jasa yang datang dari berbagai daerah,” ujarnya.

Adapun bagi 3 pemenang yang mengikuti arahan instruktur tercepat diberikan masing-masing voucher menginap di Hotel Meruorah Komodo Labuan Bajo.

Tidak hanya _gimmick_ berhadiah, selama menunggu antrian menuju ke kapal, pengguna jasa dapat menikmati berbagai sajian tenant casual leasing seperti Jco, Starbucks, Coca Cola, Nabati, Burger Bangor, Kopi Tubruk Gadjah, BPJS Kesehatan, serta berbagai tenant F&B eksisting di Terminal Sosoro-Merak seperti KFC, Kopi Kulo dan lain lain.

ASDP juga telah menyiapkan langkah mitigasi, yakni menghapus pemberlakuan tiket kedaluwarsa bagi kendaraan penumpang golongan II dan IVA sampai dengan 24 jam sejak waktu masuk pelabuhan yang berlaku khusus saat periode arus balik Lebaran pada 11-21 April 2024.

“Pengguna jasa tidak perlu khawatir jika mengalami kemacetan saat menuju Pelabuhan, karena tiket ferry tidak akan hangus selama pengguna jasa tiba di pelabuhan dalam 24 jam dari waktu check in yang tertera di tiket. Karena itu, kami minta agar pemudik yang akan kembali, segera beli tiket dari sekarang,” tegas Shelvy.

Pemudik agar mempersiapkan perjalanan dengan matang, membeli tiket via online Ferizy atau mitra resmi sejak jauh-jauh hari agar tidak kehabisan kuota. Pastikan sudah bertiket sebelum Anda berangkat, dan datang ke pelabuhan sesuai dengan jadwal keberangkatan yang tertera di tiket,” ujarnya.

Ia menambahkan, pemudik pastikan telah mengisi identitas penumpang dan kendaraan secara lengkap dan benar saat melakukan reservasi tiket online sehingga hak asuransi pengguna jasa dapat tercatat dengan baik.

Bagi pengguna jasa yang belum waktunya tiba di Pelabuhan, maka dapat beristirahat terlebih dahulu di Rest Area yang tersedia. Untuk informasi mengenai layanan tiket online dapat diperoleh pada Buffer Zone yang disiapkan ASDP atau menghubungi petugas contact centre di 021-191 atau 0811-1021191.(ant)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments