Jangan Lupa Berburu Mengkudu Saat Mudik Lebaran! Simak Khasiatnya untuk Kesehatan

Pulang kampung sekalian cari obat herbal memang boleh? Boleh, jika kampung halamanmu masih asri dan terdapat pohon mengkudu, harus kamu amankan, jika ingin menghemat uang untuk beli obat kolesterol tinggi.

Hal ini, karena ternyata buah yang banyak hidup liar di kampung halaman, teruji bisa menjadi obat kolesterol, biiznillah.

Melansir channel Youtube Kunci Sehat, simak manfaat mengkudu untuk atasi kolesterol tinggi sebagai berikut.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan scopoletin dalam buah mengkudu memiliki sifat anti bakteri, anti inflamasi, anti jamur dan anti histamin yang meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh.

2. Menurunkan kolesterol

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 29-188ml jus mengkudu bisa mengurangi total kolesterol dalam jumlah besar, dan meningkatkan kadar lipoprotein dengan kepadatan tinggi.

Lipoprotein kepadatan tinggi adalah bentuk kolesterol yang baik. Selain itu juga, mengkudu dapat mengurangi lipoprotein densitas rendah yaitu suatu bentuk kolesterol buruk.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Mengkudu juga memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebuah penelitian menjunjukan jika mengonsumsi 4 ons atau 400 gram jus buah mengkudu setiap hari selama sebulan dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita darah tinggi.

4. Menurunkan kadar gula darah

Buah mengkudu juga dapat menurunkan kadar gula darah, penelitian pada hewan telah menunjukkan hasil yang menjanjikan terhadap manfaat buah mengkudu.

Untuk mengendalikan kadar glukosa darah selain itu salah satu penelitian menemukan bahwa buah mengkudu memiliki sifat penurun gula darah.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Jus mengkudu memiliki sifat analgesik, antioksidan dan anti inflamasi. Sifat ini memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan kulit.

Mengkudu kaya akan asam lemak esensial yang merupakan bahan pembangun lemak dan minyak dalam tubuh serta meningkatkan fungsi membran sel sehingga dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Caranya cukup dengan oleskan jus mengkudu ke wajah dan biarkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

Gimana nih, siap berburu mengkudu dan rasakan manfaatnya yang luar biasa.(kam)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments